PERESMIAN BLOGGER ALEXANDER UMBU GODA

Alexander umbu goda secara resmi hari ini tanggal 05 october 2013 telah memutuskan untuk menetapkan sebuah lencana dalam blog ini yang saya beri nama Peresmian Bloger Alexander

Jumat, 31 Januari 2014

Tari dan Musik Pulau sumba Alexander Umbu Goda

Home > Kesenian > Tari & Musik
TARI DAN MUSIK
SEBAGAIMANA dijumpai dalam banyak kebudayaan lain, musik dan tarian tradisional Sumba Barat pada awalnya merupakan bagian dari pemujaan. Dan seiring perkembangan zaman mulai dipentaskan juga pada acara-acara kenegaraan, pagelaran budaya bahkan untuk konsumsi wisatawan. Hampir semua wilayah di kabupaten Sumba Barat memiliki jenis tari tersendiri. Ada tarian yang khusus ditarikan oleh kaum wanita, kaum pria atau campuran keduanya. Yang paling populer adalah Woleka dan Kataga. Woleka adalah tarian yang dibawakan oleh kaum wanita untuk menyambut kepulangan para pahlawan dari medan perang. Sementara Kataga adalah tarian perang yang ditampilkan oleh kaum pria dengan sangat ekspresif dan penuh energi.
Tarian tradisional Sumba Barat umumnya diiringi alunan musik yang berasal dari gong dan tambur. Tapi uniknya, awal tarian bukan ditentukan oleh suara musik itu sendiri tapi oleh keselarasan nada yang dirasakan oleh para penarinya. Musik boleh saja berbunyi tapi selama irama gong dan tambur belum serasi, penarinya hanya akan berdiam diri.
Instrumen musik yang paling sering digunakan adalah gong (talla) dan tambur (beddu). Gong umumnya terbuat dari kuningan atau pelat besi. Ukurannya bermacammacam, ada yang besar (talla pia) ada pula yang kecil (talla ana kouka). Yang kecil biasa digunakan sebagai instrumen pembuka. Begitu pula dengan tambur ada yang besar, biasanya dibunyikan dengan pemukul dari kayu, dan ada tambur berukuran kecil (katuba) yang dibunyikan dengan tangan. Selain itu terdapat beberapa instrumen lain, yang sayangnya kini nyaris punah, antara lain : kasabba: sejenis simbal dari pelat besi; goga ama: sejenis seruling pendek yang digerakkan dengan menggunakan udara dalam mulut; talahe: sejenis seruling berlubang satu yang ditiup menggunakan satu lubang hidung sementara lubang hidung yang satu lagi ditutup; Ndungga: sejenis alat musi gesek yang, berdasakan bahannya, terbagi menjadi dua jenis, yaitu ndungga roro (terbuat dari tempurung kelapa dan bulu kuda) serta ndungga koba (terbuat dari tempurung kelapa, bilah papan dan pintalan benang).

Tidak ada komentar: