PERESMIAN BLOGGER ALEXANDER UMBU GODA

Alexander umbu goda secara resmi hari ini tanggal 05 october 2013 telah memutuskan untuk menetapkan sebuah lencana dalam blog ini yang saya beri nama Peresmian Bloger Alexander

Jumat, 14 Maret 2014

Manfaat Adenium alias Bunga kamboja untuk Pengobatan

Manfaat Adenium alias Bunga kamboja untuk Pengobatan

Diposkan oleh Alexander Umbu Goda 15 maret 2014

Kalau menyebut nama adenium, mungkin sebagian dari Anda merasa asing dengan nama tersebut. Namun, kalau menyebut bunga kamboja atau kamboja jepang pastinya Anda akan sangat familiar dengan tanaman yang satu ini. Umumnya, Adenium dijadikan sebagai tanaman hias oleh banyak orang. Keindahan bunga dan keunikan bentuk batangnya memang membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Manfaat Adenium alias Bunga kamboja untuk Pengobatan

Manfaat Adenium alias Bunga kamboja untuk Pengobatan
Dibalik keindahan yang dimilikinya, Adenium ternyata memiliki menfaat lain yang jarang diketahui. Ternyata, tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai obat untuk beberapa masalah kesehatan manusia. Diantaranya adalah obat untuk luka sayatan baru, kaki bengkak, dan kaki pecah-pecah.

Adenium berkhasiat sebagai obat dikarenakan kandungan fuvoplumerin yang dimilikinya. Kandungan ini berkhasiat untuk mencegah tumbuhnya bakteri. Selain itu, adenium juga mengandung minyak penguap, diantaranya adalah sitronellol, fenitilalkohol, geraniol, linallol dan farnesol serta zat-zat lain seperti zat pahit, saponin dan damar. Zat-zat tersebut selanjutnya dapat mengobati beberapa penyakit seperti frambusia atau penyakit patek, kaki bengkak, kaki pecah-pecah serta dapat mengobati luka sayatan baru.

Catatan: Karena saya menulis artikel ini berdasarkan referensi beberapa situs di internet, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, orang yang pernah  mencoba atau tenaga ahli lainnya. Saya tidak bertanggung jawab jika terjadi hal yang tidak diharapkan setelah Anda mencoba tips yang saya tulis ini.

A. Mengobati Kaki Bengkak dengan Adenium / Kamboja Jepang
Untuk mengobati kaki bengkak ini, langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

- Pertama siapkan dulu beberapa batang Adenium, kemudian ambil kulitnya. Campur kulit batang Adenium tadi dengan 3 liter air, lalu rebus sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan air hasil resbusan tadi. Setelah dingin, gunaka air tersebut untuk merendam kaki yang bengkak.

B. Menggunakan Adenium untuk mengobati luka sayatan baru
Luka sayatan baru biasanya disebabkan oleh benda tajam. Anda bisa melakukan penanganan pertama pengobatan luka ini menggunakan Adenium. Caranya:

- Saat Anda terluka, segera cuci luka tersebut dengan air bersih. Setelah itu, ambil batang adenium secukupnya dan teteskan getah Adenium pada luka sayat yang Anda derita. Terakhir, tutup dengan perban atau kain kasa. Sebaiknya luka tersebut jangan sampai terkena air dulu untuk mempercepat proses pengeringan.

C. mengobati kaki pecah-pecah dan frambusia dengan Kamboja jepang / Adenium
Untuk mengobati masalah ini, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

- Sediakan beberapa batang adenium secukupnya. Batang ini selanjutnya dihaluskan dengan cara ditumbuk. Hasil tumbukan lalu diperas dan diambil airnya. Air hasil perasan inilah yang akan digunakan. Gosokkan air hasil perasan tadi pada bagian yang sakit sebanyak 3 kali sehari hingga peenyakitnya sembuh. Anda juga bisa mencoba cara lain untuk melakukan pengobatan ini, yaitu:

- Kita akan menggunakan kulit batang Adenium , jadi ambil kulit batang adenium dengan ukuran kurang lebih  3 cm sebanyak 3 buah. Siapkan 10 liter air, lalu campurkan dengan kulit adenium tadi. Rebus bahan-bahan tersebut sampai mendidih. Dinginkan, lalu gunakan air hasil rebusan tadi untuk mandi atau berendam.


Nah, ternyata banyak manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman hias Adenium ini bukan? Semoga artikel tadi bisa bermanfaat untuk Anda semua.

2 komentar:

adiseo mengatakan...

Makasih ya atas infromasi yang diberikan sangat bermanfaat sekali
salam kenal dari Kolang kaling

adiseo mengatakan...

Makasih ya atas infromasi yang diberikan sangat bermanfaat sekali
salam kenal dari Kolang kaling